Berkeliling Korea Selatan Tanpa Visa? Bisa!

Visa gratis Korea Selatan? Kenapa nggak?! Nggak perlu apply visa untuk ke Korea Selatan. Kok bisa? Tentu bisa dong. Berkunjung ke Korea Selatan tidak harus selalu membutuhkan visa kok bagi orang Indonesia.

DSCF7237


Banyaknya persyaratan bikin visa kadang buat kita malas, Korea Selatan walau persyaratannya tidak terlalu ribet, tapi tetap malas urusnya, perlu bayar lagi sekitar Rp.560.000 untuk single entry visa. Sayang yee kan?! Mending buat beli Chiki sekardus #fansChikiGarisKeras. Ada caranya nih supaya bisa berkunjung ke Korea gratis tanpa apply visa lagi. Syaratnya cuma satu, kalian harus menjadikan Korea Selatan sebagai transit point sebelum ke negara tujuan kalian yaitu Amerika Serikat, Jepang, Kanada, Australia, dan New Zealand dan tentunya kalian pemegang visa dari negara-negara tersebut.

Transit Visa Korea

Awalnya saya mengutuk rute perjalanan saya ke Amerika dengan rute Jakarta – Incheon – Seattle – San Francisco yang harus transit 11 jam di Incheon, Korea Selatan. Selama itu harus ngapain di airport coba?? Belakangan harus saya syukuri juga transit 11 jam di Incheon, karena ternyata Korea Selatan memberikan kelonggaran “no visa required” bagi penumpang yang transit di Korea Selatan dan memiliki tiket lanjutan keluar dari Korea Selatan untuk berkeliling di Korea Selatan dengan jangka waktu sampai 30 hari! Kalo udah begini, kenapa saya nggak transit di Korea Selatan seminggu aja ya..hehe.

Kalo niat mengunjungi Korea Selatan tanpa visa nah rute tiket kalian kurang lebih bisa kaya begini :

  • Jakarta (Indonesia) – Incheon (Korea Selatan) – Seattle (Amerika) atau sebaliknya.
  • Jakarta (Indonesia) – Incheon (Korea Selatan)- Tokyo (Jepang) atau sebaliknya.

Daripada kalian ke Amerika via Jepang yang tidak ada transit visa-nya bagi WNI, mending lewat Incheon, bisa keliling Korea Selatan dulu tanpa visa up to 30 days! Atau kalau kalian mau transit di Incheon cuma beberapa jam aja, bisa manfaatin berbagai fasilitas gratis yang disediakan oleh Incheon Airport lho. I repeat, FREE OF CHARGE yang disediakan oleh airport di Incheon. Asik banget ya? Emang. Berikut ini saya info fasilitas-fasilitas gratis yang dimiliki oleh Incheon Airport:

  • Ruang mandi gratis dilengkapi air hangat, handuk, pasta gigi, sabun, dan sampo
  • Internet berkecepatan tinggi, oh ya Korea Selatan adalah negara dengan rata-rata internet tercepat di dunia!
  • Kursi pijat gratis yang bisa dipakai sepuasnya.
20151107_083903
Abis mandi, trus pijat sepuasnya!

Ada berbagai program kebudayaan di Incheon Airport yang dijamin bikin pengunjung betah transit disana, seperti classical concert, pertunjukan kostum tradisional Korea, yaitu Hanbok, dan banyak program menarik lainnya.

GOPR1663_1446864671821_low
Bisa ketemu yang pakai kostum gini di airport

Free Tour!

Selain itu, Incheon Airport juga menyediakan fasilitas tour gratis tergantung waktu transit pengunjung. Program tour-nya bervariasi, antara 1 jam hingga 5 jam, dengan bis berpenghangat (Korea waktu itu lagi dingin banget), tour guide berbahasa Inggris.

GOPR1664_1446868850225_low
Bus yang digunakan untuk free tour

Sebenarnya paling asik adalah ikutan tour dengan durasi 5 jam, karena bisa sampai Seoul, namun waktu tour-nya juga tidak ada setiap jam. Trus kalo cuma punya waktu transit 4-5 jam gimana? Ya tetap bisa ikutan free tour kok, ada tour yang cuma 1 jam dan 2 jam, cuma keliling Incheon sih, tapi itu juga udah menarik banget kok. Ada beberapa pilihan tour, seperti di bawah ini:

  • 1 jam : Yonggungsa Temple Tour (07.00, 08.00, 11.00, 12.00, 14.00)
  • 2 jam : Incheon Temple Tour (09.00, 13.00, 15.00)
  • 3 jam : Incheon Culture Tour (15.00)
  • 3,5 jam : Incheon City Tour (10.00, 14.00)
  • 5 jam : Seoul City Tour/Seoul Culture Tour/Seoul Shopping Tour (08.00/ 10.00/ 13.00)
IMG_9191-1280x853
Gaya dulu ah di Heungryunsa Temple

Yang harus diperhatikan jika mau mengikuti tour ini adalah waktu kedatangan pesawat kalian di Incheon Airport, setidaknya peserta tour diminta agar siap 1 jam sebelum tour dimulai. Fasilitas tour gratis, kecuali jika ada tiket masuk, maka harus bayar sendiri dan juga biaya makan siang sendiri. Jika kalian membawa bagasi, bisa dititipkan kok di meja registrasi tour. Sebaiknya melakukan booking dulu untuk tour, karena kapasitasnya terbatas :

Kalian perlu menyiapkan passport, tiket penerbangan sebelumnya, dan boarding pass rute selanjutnya.

Booking langsung di transit tour desk terminal kedatangan 2F

 

Note: Foto-foto saya di Incheon Airport sebagian besar hilang karena SD Card yang crash, jahanam banget 😦

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s