Raja Ampat, Destinasi Impian Traveler Dunia

Liburan ke Raja Ampat di Papua Barat menjadi impian banyak traveler, bukan hanya turis asal Indonesia, tapi juga mancanegara. Sayangnya tidak semua beruntung bisa mengunjungi Raja Ampat, salah satu kendalanya adalah biaya perjalanan ke Raja Ampat yang cukup fantastis. Bukan hanya tiket pesawatnya yang menguras kantong, tapi juga transportasi dan akomodasi di Raja Ampat. Sudah bukan rahasia lagi ada yang mengatakan jika liburan ke Raja Ampat harganya sama dengan harga tiket pesawat ke Eropa harga promo atau setara dengan biaya berkeliling negara Asia Tenggara.

Tapi akan sungguh menyesal jika belum pernah menjejakan kaki dan menikmati panorama alam di Raja Ampat. Keindahan surga dunia yang nyata ini ada di Indonesia. Beberapa media internasional bahkan menobatkan Raja Ampat sebagai destinasi yang wajib dikunjungi, seperti CNN International yang menempatkan Raja Ampat sebagai destinasi snorkeling nomor 1 di dunia pada tahun 2016 silam. Survey yang dilakukan oleh CNN ini bukan sembarangan, karena melibatkan responden maritim dunia.

Bukan pemandangan bawah laut dari Raja Ampat saja yang membuatnya menjadi tersohor, pemandangan lansekap dari Raja Ampat juga sangat magis dan fantastis.

Foto oleh nationalgeographic.co.id

Ada Apa di Raja Ampat?

Raja Ampat merupakan gugusan pulau yang terbentang di sebelah Barat “kepala burung” Pulau Papua. Ada 4 gugusan pulau besar di Raja Ampat, yaitu Pulau Waigeo, Pulau Misool, Pulau Salawati, dan Pulau Batanta. Kepulauan Wayag merupakan destinasi utama dan menjadi ikon dari Raja Ampat. Gugusan pulau karst ini berdiri tegak dikelilingi lautan dengan warna yang sangat indah. Sangat memanjakan mata. Sayangnya diperlukan biaya yang tidak sedikit untuk menyewa speedboat menuju Kepulauan Wayag karena lokasinya yang jauh.

Namun, tidak perlu kecewa jika tidak sempat ke Kepulauan Wayag, ada miniatur yang mirip dengan Kepulau Wayag, tetapi lokasinya tidak terlalu jauh, namanya Pulau Pianemo. Akses ke Pulau Pianemo ini selain lebih mudah, juga lebih murah biaya speedboat-nya. Pemandangan dari Pulau Pianemo ini tidak kalah indah dibandingkan Kepulauan Wayag.

Mengunjungi Raja Ampat, sayang sekali jika tidak menyempatkan diving. Kekayaan biota laut Raja Ampat terlalu sayang untuk dilewatkan, menurut informasi yang dikutip dari situs goodnewsfromindonesia.com ada lebih dari 76 titik selam di Raja Ampat. Salah satu yang lokasi penyelaman yang terkenal adalah Arborek, dari atas saja warna lautnya sudah menggoda, bagaimana di dalamnya? Pasti jauh lebih indah.

Foto oleh rajaampatbiodiversity.com

Jika memiliki sertifikat menyelam dan berpengalaman menyelam di beberapa tempat sebelum mengunjungi Raja Ampat lebih baik, karena ada beberapa titik penyelaman yang berarus cukup kuat. Tapi tidak perlu khawatir jika belum memiliki sertifikat selam, cukup dengan melakukan snorkeling sudah bisa menikmati keindahan bawah laut Raja Ampat yang tiada duanya.

Cari Informasi Tentang Destinasi

Sebagai traveler yang hampir selalu merencanakan dengan baik saat melakukan perjalanan, saya selalu memulai mencari informasi mengenai tempat yang akan dikunjungi minimal 3-6 bulan sebelum perjalanan dilakukan. Lama? Memang.

Ada keuntungan dengan memiliki waktu cukup mencari informasi mengenai destinasi, yaitu agar mempunyai informasi yang cukup mengenai destinasi tersebut, sehingga bisa memilih tempat-tempat prioritas yang akan dikunjungi. Keuntungan lainnya mencari informasi yang berhubungan dengan tiket dan akomodasi yaitu dapat membandingkan lebih leluasa harga maskapai dan juga beberapa akomodasi. Dengan mempunyai cukup waktu mencari tiket dan hotel jauh hari, kita bisa mendapatkan harga lebih murah dibandingankan dengan membeli tiket dan hotel beberapa hari sebelum keberangkatan. Terlebih jika destinasi yang dikunjungi ramai pada musim tertentu.

Selain itu cari informasi dulu kapan waktu terbaik untuk mengunjungi destinasi tersebut, dikutip dari Detik Travel, waktu terbaik ke Raja Ampat adalah antara periode September hingga April setiap tahunnya. Selain bulan tersebut, maka cuaca tidak mendukung untuk mengunjungi Raja Ampat. Pasti tidak mau jika liburanmu yang sudah direncanakan justru tidak maksimal akibat cuaca yang buruk.

Ada berbagai cara untuk mencapai Raja Ampat dari berbagai kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Surabaya, Bali, dan Makassar. Cara yang paling cepat tentunya menggunakan pesawat, sudah banyak penerbangan yang melayani rute dari kota-kota tersebut ke Sorong, kota yang menjadi persinggahan sebelum menyebrang dengan speedboat ke Raja Ampat.

Mencari Tiket dan Akomodasi

Pada era digital teknologi saat ini sangat memudahkan dalam menyusun rencana perjalanan. Saat awal tahun 2000-an, untuk mencari tiket pesawat harus menelepon ke kantor airline dan menanyakan ketersediaan tempat dalam penerbangan tersebut. Pada era tersebut, pemesanan tiket pesawat juga dapat dilakukan melalui travel agent yang bekerjasama dengan maskapai tertentu. Biasanya untuk pemesanan tiket, pelanggan harus pergi ke kantor travel tersebut dan melakukan pembayaran disana. Hal tersebut cukup menyulitkan pelanggan yang mempunyai waktu terbatas karena kesibukan aktivitasnya.

Online Travel Agent (OTA) menjadi sangat popular, karena menawarkan kemudahan bagi konsumennya untuk mencari tiket pesawat, voucher hotel, hingga tiket kereta api dalam satu genggaman. Bahkan, OTA seperti Tiket.com memberikan variasi pelayanan lain, yaitu penyewaan mobil dan pembelian tiket pertunjukan. Hal ini tentu semakin memanjakan pengguna setia Tiket.com.

Pencarian #TiketKemanapun tentunya dengan harga yang murah pasti dinginkan oleh semua orang. Pengalaman pribadi, perbandingan harga yang ditawarkan oleh Tiket.com selisih lebih murah dibanding beberapa OTA lain. Selisihnya tidak tanggung-tanggung, saat saya membeli tiket rute Denpasar-Amsterdam pp tahun lalu, saya bahkan mendapatkan potongan Rp.500.000 dari Tiket.com. Luar biasa bukan?

Jika ingin liburan ke Raja Ampat pada bulan September 2018, cobalah untuk mencari tiket mulai bulan Maret atau April 2018 di aplikasi atau website Tiket.com. Setelah memasukkan kota yang dipilih untuk keberangkatan dan kota tujuannya yaitu Sorong, tentukan tanggal keberangkatan dan kepulangan, jumlah penumpang, dan klik “cari”. Otomatis Tiket.com akan mencarikan kombinasi penerbangan dengan harga termurah untukmu.

Cara yang hampir sama ketika kamu ingin memesan hotel di Raja Ampat atau Sorong melalui aplikasi atau website Tiket.com, hanya perlu memasukan nama Raja Ampat atau Sorong, tentukan tanggal check in dan check out, dan klik “cari”. Secara otomatis Tiket.com akan mencarikan rekomendasi hotel sesuai keinginanmu.

Cari tiket dan hotel sudah begitu mudah, tujuan sudah ditentukan, lalu apalagi yang ditunggu? Segera siapkan barang bawaanmu dan pergilah liburan ke Raja Ampat.

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s