Posted in CouchSurfing, Indonesia, Jawa, Photography

Kedung Tumpang: Cerita dan Ceria

Perjalanan ini diawali dari sebuah obrolan di kantor Ourtrip1st di Kota Malang, sebuah trip organizer yang digagas oleh Martha dan Dani, mereka sudah saya kenal baik sejak perjalanan ke Pulau Menjangan beberapa tahun silam.

“Besok kita jalan yuk, aku temeni mau kemana”, potong Dani di tengah obrolan kami.

IMG_0322
Pemandangan yang bikin eyegasm menuju ke Pantai Lumbung

Continue reading “Kedung Tumpang: Cerita dan Ceria”

Posted in Indonesia, Jawa

Eksotisme Gunung Merbabu

Namanya sangat terkenal di kalangan pendaki, sebagai salah satu gunung yang paling banyak didaki di Pulau Jawa. Ialah Gunung Merbabu yang termasuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu, gunung ini memang bukan gunung tertinggi di Pulau Jawa, maupun di Jawa Tengah, tapi keeksotisannya menjadi magnet bagi para pecinta alam, ditambah keberadaan gunung di sampingnya, yaitu Gunung Merapi yang biasanya menjadi satu paket pendakian dengan Gunung Merbabu.

DSCN4085

Ada beberapa rute yang bisa ditempuh, yaitu dari Chuntel, Tekhelan, Wekas, dan juga Selo. Masing-masing dengan karakteristik tersendiri, seperti jalur Chuntel yang relatif lebih terjal namun paling cepat menuju puncak.

Continue reading “Eksotisme Gunung Merbabu”

Posted in Jawa

Jember, What’s On?

Entah, panasnya kota ini terkadang membuat rindu, ya kotanya, pantainya, dan makanannya.

Dulunya kabupaten ini tidaklah terlalu tenar di Jawa Timur, jika dibandingkan dengan Surabaya ataupun Malang. Namun, saat ini potensinya dan perkembangannya jauh sekali dibandingkan menengok ke beberapa tahun ke belakang. Sebenarnya, apa sih yang menarik di Jember? Jika kalian penasaran, silakan buka website www.jemberbanget.com, sebuah website independen yang dikelola oleh beberapa anak muda Jember. Informasi cukup lengkap mengenai perkembangan Kota Jember dan hal-hal menarik yang terjadi di Kota Jember.

Toko Jember Banget
Toko Jember Banget

-baca selengkapnya->

Posted in Jawa

[PA]sir [PU]tih [MA]likan

Jika ada Tanjung yang terlihat begitu eksotis dan indah, saya akan memasukkan Tanjung Papuma sebagai salah satunya. Papuma atau lengkapnya Pasir Putih Malikan adalah sebuah Tanjung yang terletak 37 km arah selatan Kota Jember. Perlu sekitar 1 jam perjalanan dari kota ke arah Ambulu, kemudian terus menyusuri jalan hingga ada billboard besar di sisi kanan jalan yang menunjukkan pintu masuk kawasan Pantai Papuma dan Pantai Watu Ulo. Dari billboard, perjalanan masih 10 KM untuk sampai di Pantai Papuma, sepanjang 5 km ini pemandangannya tidak akan mengecewakan, hamparan sawah di kiri-kanan jalan dan juga pohon jati yang berdiri kokoh di sepanjang jalan, area ini memang bagian dari kawasan Perhutani.

Hutan jati menuju Pantai Papuma
Hutan jati menuju Pantai Papuma

-baca selengkapnya->

Posted in Jawa

Yang Terabaikan : Taman Nasional Meru Betiri

Ada 3 Taman Nasional yang terletak di Propinsi Jawa Timur, yaitu : Taman Nasional Baluran di Situbondo, Taman Nasional Alas Purwo di Banyuwangi, dan Taman Nasional Meru Betiri yang terletak di dua kabupaten, Kabupaten Jember dan Kabupaten Banyuwangi.

TN Meru Betiri ini sudah lama ingin saya kunjungi, baru kali ini saya berkesempatan mengunjunginya. Untuk bagian TN Meru Betiri yang menempati wilayah Jember, Pantai Bandealit merupakan tempat yang wajib dikunjungi.

Tidak terlalu sulit menemukan pintu gerbang TN Meru Betiri, dari pusat kota Jember, arahkan kendaraan menuju Ambulu, lalu belok ke kiri dan terus ikuti jalan, melewati perkebunan coklat dan karet hingga di pintu gerbang TN Meru Betiri.

Hello Meru Betiri..!
Hello Meru Betiri..!

-baca selengkapnya->

Posted in Indonesia, Jawa

Waisak di Borobudur? Ya Begitu Dehh…

Cerita saya ini mungkin tidak banyak berarti dibandingkan dengan kekecewaan para umat Budha yang melakukan prosesi Waisak di Candi Borobudur. Tapi setidaknya ini menggambarkan apa yang saya rasakan dan saya alami. Ini tulisan serius. Serius deh.

*********

Setiap tahun perayaan hari suci Waisak di Candi Borobudur menjadi salah satu acara yang ditunggu, baik oleh umat Budha dan juga bagi para pengunjung yang antusias ingin menyaksikan upacara Waisak dari dekat.

Candi Borobudur -- kebanggaan Indonesia.
Candi Borobudur — kebanggaan Indonesia.

Tahun ini, saya menjadi bagian dari salah satu pengunjung yang memadati dan berdesak-desakan di Candi Borobudur. Yang paling menarik pada perayaan Waisak adalah pelepasan 1000 lampion doa saat malam hari. Hujan cukup lama akhirnya pun membatalkan pelepasan 1000 lampion tersebut, saya menyesal telah datang kesana.

-baca selengkapnya->

Posted in Indonesia, Jawa

Trusmi : Disini Batik, Disana Batik

Tak disangkal, batik merupakan salah satu karya khas Indonesia yang mendunia. Berbagai daerah di Indonesia menjadi sentra kerajinan batik, kerajinan batik lebih popular di Jawa. Dahulu, batik populer ditulis pada daun lontar, lalu beralih pada kain putih. Kalo ingin tahu banyak mengenai batik, mampir ke situs tetangga di http://www.ceritakain.com yah. Saya nggak akan membahas mendetail mengenai batik disini.

Kota-kota yang menyandang predikat kota batik pun bermunculan, jika di Jawa Tengah terkenal dengan Solo dan Pekalongan yang menjadi sentra batik, di Jawa Timur terkenal dengan batik Madura yang berwarna cerah, sedangkan di Jawa Barat terkenal dengan Cirebon sebagai sentra batik utama. Kalo di Sumatera? Ada tuh suku Batik. Woyy.. itu Batak kali.

Trusmi, sebuah desa yang terletak sedikit di luar kota Cirebon telah lama terkenal menjadi sentra batik Cirebon. Tak sulit dijangkau dari pusat kota Cirebon, jika berada di dekat Alun-alun, bisa naik angkutan umum dengan tanda GP lalu bilang mau berhenti di pertigaan Trusmi.

Trusmi, kawasan di Cirebon sebagai sentra batik.
Trusmi, kawasan di Cirebon sebagai sentra batik.

-baca selengkapnya->